Selasa, 15 Januari 2013

Pengertian Hotel

             Apa Yang Di Maksut Dengan Hotel – Pengertian hotel adalah sebuah bangunan, perusahaan atau usaha yang menyediakan jasa inap dan juga menyediakan makanan dan minuman bagi tamu yang datang serta mempunyai fasilitas jasa lannya. Yang mana semua fasilitasnya juga di peruntukkan bagi masyarakat umum

   Dalam hotel juga menyediakan ruangan untuk di jadikan seminar, beberapa acara dan juga memfasilitasinya. Namun pengertian hotel dapat di rangkum dari beberapa difinisi yang ada adalah sebagai berikut :
1. Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987)
2. Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan beberapa fasilitas.
Adapun fasilitas yang di miliki hotel biasanya sebagai berikut :
- Jasa penginapan
- Pelayanan makan dan minum
- Jasa laundry
- Jasa bawa’an
- Jasa penggunaan perabot dan lainnya
- Jasa menyediakan kebutuhan bagi wisatawan yang bermalam di hotel tersebut
    Hotel merupakan badan usaha yang sangat padat karya dan juga membutuhkan inves yang lumayan besar. Karena hotel juga menyediakan jasa yang lumayan banyak. Ada juga hotel yang menyediakan jasa trevel. Di karenakan letak bangunan hotel, hotel dapat di golongkan pada beberapa jenis. Jika hotel terdapat pada tengah kota kita bisa menyebutnya dengan city hotel, dan jika terdapat pada pinggiran kota biasanya di sebut dengan resident hotel, hotel juga memiliki kelasw tersendiri, dari hotel kelas melati, hotel bintang 1,2,3,4 dan 5.
   Demikian beberapa difinisi tentang hotel dan usaha yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang hotel dan dapat dijadikan tambahan wawasan untuk anda, untuk menambah wawasan lainnya silahkan baca pengertian saham, siapa tahu ini juga anda butuhkan. Terima kasih untuk kunjungan anda.

sumber:  http://anamblog.com/pengertian-hotel.html

Sejarah Hotel Dan Peranan Hotel Dalam Dunia Pariwisata

kata hotel mulai digunakan semenjak abad_18 di London Inggris.sebagai Hotel  Garni yaitusebagai rumah besar yang di lengkapi dengan sarana tempat menginap/tempat tinggal untuk penyewaan secara harian,minguan atau bulanan.kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa perancis yaitu Hostel diambil dari bahasa latin Hospes,dan mulai di perkenalkan pada masyarakat umum pada tahun 1797.

Ball Room eastern end oreintal,penang

sebelum istilah hotel di gunakan di Inggris,rumah-rumah penginapan bagi orang-orang berpergian disebut Inn.Dalam terminologi (istilah) resmi tidak ada perbedaan dalam definisi antara hotel dan inn.
Sekarang ini,hotel dapat di artikan sebagai suatu bentuk akomodasi yang di kelola secara komersial,dimuliakan bagi setiap orang yang ingain mendapatkan pelayanan yang istimewa,baik itu pelayanan penginapan,makan dan minum.(S.KMentri Perhubungan no:PM/PW.301/PHB.77).

salah satu hotel bersejarah di penang




Dunia hotel dengan keunikannya,sering di juluki sebagai " Kota di dalam Kota"sesuatu yang menunjukkanbahwa kegiatan,pengelolaan,serta hubungan antara manusia dalam sebuah hotel sudah sedemikian beraneka ragam,rumit,menyenangkan,gemerlapan dimana hampir setiap saat terjadi hidup yang bermacam-macam karena kebanyakan hotel terbuka bagi kepentingan umum selama 24 jam sehari.7 hari alam semingu  dan sepanjang tahun.
sultan abdul samad building
Di kota-kota besar hotel juga sering di sebut sebagai "jantung kegiatan masyarakat  kota"karena di hotel sering di lakukan pertemuan-pertemuan antara organisasi-organisasi frofesi,niaga,maupun pemerintahan,perjamuan-perjamuan perseorangan,pernikahan-pernikahan,resepsi-resepsi yang resmi maupun tidak resmitingkat lokal,nasional,maupun internasional.
Hotel adalah jenis usaha penjualan jasa pelayanan pelayanan atau service,sehingga peranan karyawan,dalam hal kepribadiannya ,pembawaannya,serta penampilannya akan terpengaruh sekali di dalam memberikan pelayanan disamping keterampilannya .Dunia perhotelan identik dengan dunia pariwisata,yang tak lain karna aa kterkaitan yang sangat erat.di antara keduanya.Keduanya saling menunjang eksistensislah satunya akan menentukan kelangsungan kegiatan dengan yang lainnya.

gedung sate yang atapnya terbuat dari tusuk sate yang merupakan suatu bangunan instansi kepariwisataan

sumber:  http://dc304.4shared.com/doc/EoTw4bax/preview.html

  Fungsi dan Peranan Hotel
Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya. Pada umumnya kebutuhan utama para tamu dalam hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Namun dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu, namun fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap.
Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan sesuai dengan tujuan pasar hotel tersebut.
Dalam menunjang pembangunan negara, usaha perhotelan memiliki peran antara lain :
1.    Meningkatkan industri rakyat
Hotel banyak memakai barang-barang yang diproduksi oleh industri rakyat, seperti meubel, bahan pakaian, makanan, minuman dan lain sebagainya.
2.    Menciptakan lapangan kerja
3.    Membantu usaha pendidikan dan latihan
4.    Meningkatkan pendapatan daerah dan negara
5.    Meningkatkan devisa negara
6.    Meningkatkan hubungan antar bangsa.
sumber: http://anditriplea.blogspot.com/2011/05/fungsi-dan-peranan-hotel.html



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar